Blog

images (14).jpg

Kajian Uqudullujain-Hak-hak Suami Atas Istri 04

Kajian Uqudullujain-Hak-hak Suami Atas Istri 04


Nabi Muhammad SAW bersabda :

من صبر على خلق زوجته أعطاه الله تعالى مثل ما أعطي أيوب عليه السلام من الأجر والثواب. ومن صبرت على خلق زوجها أعطاها الله تعالى أجر من قتل في سبيل الله تعالى. ومن ظلمت زوجها وكلفته ما لا يطيق وآذته لعنتها ملائكة الرحمة وملائكة العذاب. ومن صبرت على أذية زوجها أعطاها الله ثواب آسية و مريم بنت عمران

“Barang siapa bersabar atas akhlaq istrinya maka Allah akan memberinya pahala seperti pahala yang diberikan kepada Nabi Ayyub AS. Dan barang siapa bersabar atas akhlaq suaminya maka Allah akan memberinya pahala orang yang mati dijalan Allah. Dan barang siapa mendzolimi suaminya dan memaksa suaminya sesuatu yang tidak dia mampui dan menyakitinya maka dia dilaknat oleh malaikat pembawa rohmat dan malaikat adzab. Dan barang siapa bersabar atas menyakitinya suami padanya maka dia diberi pahala sama seperti pahala yang diberikan kepada sayyidah Asiyah dan sayyidah Maryam binti Imron.”


قال النبي صلى الله عليه وسلم
اذا صلت المرأة خمسها وصامت شهرها وحفظت فرجها وأطاعت زوجها قيل لها ادخلي الجنة من أي أبواب الجنة شئت
[ رواه أحمد ]٠

Nabi Muhammad SAW bersabda :
“Apabila seorang istri sholat lima waktu, puasa Romadlon, menjaga farjinya dan taat pada suaminya, maka dikatakan padanya : “Masuklah kamu ke dalam surga dari pintu-pintu surga manapun yang kamu sukai.”


Diceritakan bahwa ada seorang perempuan datang pada kanjeng Nabi Muhammad SAW dan dia mengaku mewakili perempuan² lain. Si perempuan itu mengatakan bahwa dia dan perempuan lainnya ingin membantu dan ikut andil dalam jihad fisabilillah dan mendapat pahala dan keutamaan jihad seperti kaum laki-laki.
Maka Nabi bersabda:


“Sampaikan pada siapapun perempuan yang kau temui bahwa taat kepada suami dan mengakui hak suami itu sudah sama/sebanding dengan pahala jihad, namun sedikit dari kalian yang mampu melakukannya.”


Maksudnya bagi seorang wanita yang ingin mendapatkan pahala jihad seperti yang didapat oleh kaum laki-laki, mereka hanya cukup melakukan taat pada suami dan mengakui hak-hak suaminya.
Namun sayangnya sedikit sekali dari para istri yang bisa melakukan taat dan mengakui hak-hak suaminya.

Alloh ta’ala berfirman dalam surat An-nisaa :


للرجال نصيب مما اكتسبوا وللنساء نصيب مما اكتسبن

“Orang laki-laki punya bagian dari apa yang mereka kerjakan dan orang perempuan punya bagian dari apa yang mereka kerjakan.”


Maksudnya orang laki-laki punya bagian pahala sebab amal yang mereka kerjakan berupa jihad, dan orang perempuan juga punya bagian pahala dari amal yang mereka kerjakan berupa menjaga farjinya dan taat kepada Alloh dan kepada suaminya.


Laki-laki dan perempuan dalam hal pahala di akhirat adalah sama. Adapun kelebihan atau keunggulan laki-laki atas perempuan hanya di dunia saja


Wallahu a’lam bish shawab

Comments

No comment yet.

Tulis Komentar