Blog

images (14).jpg

Kajian Uqudullujain-Hak-hak Istri Atas Suami (12)

Kajian Uqudullujain-Hak-hak Istri Atas Suami (12)


Oleh Ust. Zainal Mahfudz


عن سيدنا عبد الله ابن عمر رضي الله عنهما عن النبي صلى الله عليه وسلم أنه قال
كلكم راع ومسؤول عن رعيته. فالإمام راع ومسؤول عن رعيته والرجل راع في أهله ومسؤول عن رعيته والمرأة راعية في بيت زوجها ومسؤولة عن رعيتها والخادم راع في مال سيده مسؤول عن رعيته والرجل راع في مال أبيه مسؤول عن رعيته. فكلكم راع وكلكم مسؤول عن رعيته

“Masing-masing dari kalian adalah penjaga/penanggung jawab dan akan ditanyai tentang yang dijaganya. Maka seorang Imam adalah penjaga dan akan ditanyai tentang rakyatnya. Seorang laki-laki adalah penjaga bagi anak dan istrinya dan akan ditanyai tentang anak dan istrinya. Seorang istri adalah penjaga dan pengatur rumah suaminya dan akan ditanyai tentang yang dijaganya. Seorang pelayan adalah penjaga harta tuannya dan akan ditanyai tentang yang dijaganya. Seorang anak adalah penjaga harta bapaknya dan akan ditanyai tentang yang dijaganya. Maka masing-masing dari kalian adalah penanggung jawab dan masing-masing dari kalian akan dimintai pertanggung jawaban tentang yang apa yang menjadi tanggung jawabnya.”
[ HR. Imam Ahmad dan Imam Bukhori dan Imam Muslim dan Imam Abu dawud dan At-tirmidzi ].


SYARAH


Masing-masing dari kalian adalah penjaga/penanggung jawab dan orang yang diberi amanah dan kesanggupan untuk kemaslahatan orang atau sesuatu yang di amanahkan kepadanya untuk dilaksanakan. Maka dia dituntut untuk berlaku adil dan menopang serta mengurusi semua kamaslahatan orang² atau sesuatu yang diamanahkan kepadanya itu.

Dan dia akan ditanyai tentang yang dijaganya.

Dia akan di mintai pertanggung jawaban di akhirat.

Jika dia bisa menepati apa yang menjadi kewajibannya maka dia akan mendapatkan bagian yang sempurna. Dan jika tidak, maka semua orang yang menjadi tanggung jawabnya akan menuntut hak mereka kepadanya di akhirat.

Maka seorang Imam adalah penjaga dan akan ditanyai tentang rakyatnya.

Seorang imam adalah orang yang mengurusi rakyatnya dan dia akan di mintai pertanggung jawaban apakah dia memenuhi hak-hak rakyatnya atau tidak.

Seorang laki-laki adalah penjaga bagi anak dan istrinya dan akan ditanyai tentang anak dan istrinya. Dia akan dimintai pertanggung jawaban apakah dia memenuhi hak-hak mereka, seperti memberi nafkah, pakaian, menggauli dengan baik dan lainnya ataukah tidak.

Seorang istri adalah penjaga dan pengatur rumah suaminya.

Yaitu dengan mengatur belanja kebutuhan keluarga dengan baik, menasehati suami, amanah, menjaga dirinya dan menjaga harta suami dan anak-anak suami.

Dan dia akan ditanyai tentang sesuatu yang harus dijaganya.

Dia akan di mintai pertanggung jawaban apakah dia telah memenuhi sesuatu yang menjadi kewajibannya atau tidak.

Seorang pembantu/karyawan adalah penjaga harta tuannya.

Yaitu dengan menjaga harta tuannya dan mengerjakan hal-hal yang menjadi kemaslahatan harta tuannya.

Dan dia akan ditanyai tentang yang dijaganya.

Dia akan dimintai pertanggung jawaban, apakah dia telah mengerjakan apa-apa yang menjadi kewajibannya atau tidak.

Seorang anak adalah penjaga/penanggung jawab harta bapaknya.

Yaitu dengan menjaga dan mengatur kemaslahatan harta bapaknya.

Dan dia akan ditanyai tentang sesuatu yang haris dijaganya.

Dia akan dimintai pertanggung jawaban, apakah sudah melakukan sesuatu yang menjadi kewajibannya atau tidak.

Maka masing-masing dari kalian adalah penanggung jawab dan masing-masing dari kalian akan dimintai pertanggung jawaban tentang yang apa yang menjadi tanggung jawabnya.

Kesimpulannya, setiap orang akan di mintai pertanggung jawaban meskipun seseorang tersebut tidak memiliki suami atu pelayan.

Maka setiap orang adalah penjaga/penanggung jawab atas seluruh anggota tubuhnya dan nanti akan di mintai pertanggung jawaban, sehingga dia harus mengerjakan apa-apa yang diperintahkan dan menjahui apa-apa yang dilarang.


Wallohu a’lam bish shawab

Comments

No comment yet.

Tulis Komentar