Blog

images (14).jpg

Kajian Uqudullujain-Hak-hak Istri Atas Suami (11)

Kajian Uqudullujain-Hak-hak Istri Atas Suami (11)


Oleh Ust. Zainal Mahfudz


Allah ta’ala berfirman :

ياأيها الذين آمنوا قوا أنفسكم وأهليكم نارا

“Hai orang-orang yang beriman, jagalah diri kalian dan keluarga kalian dari api neraka”


Sayyiduna Abdullah bin Abbas radliyallaahu ‘anhuma berkata dalam pengertian ayat diatas : _”Ngertikan, maksudnya berilah pengertian kepada keluarga tentang syari’at² agama dan ajari mereka adab dan akhlaq yang baik.”_

Dari ayat dan penjelasan diatas jelaslah bahwa isrtri punyak hak untuk diberi pengertian dan pengetahuan hukum² agama, adab serta akhlaq yang baik agar mereka terhindar dari masuk neraka.
Maka jika seorang suami membiarkan istri dalam keadaan bodoh maka suami berdosa karena tidak menjalankan perintah Allah dan mengabaikan kewajiban sebagai suami terhadap istri.


Dikatakan :

*إن أشد الناس عذابا يوم القيامة من جهل أهله*

“Sungguh orang yang paling berat siksanya di hari kiamat adalah orang yang membiarkan bodoh anak dan istrinya.”


Dengan demikian maka bagi istri juga harus tahu bahwa memberi pengertian dan mengarahkan istri kepada hal yang baik dan menyelamatkan adalah kewajiban suami kepadanya, sehingga istri seharusnya bisa menerima dengan senang hati bahkan bangga mempunyai suami yang bisa menjadi penyelamat dirinya diakhirat.
Namun repotnya, kebanyakan istri saat diberi arahan, pengertian dan aturan mereka malah bilang gk mau diatur dan merasa dikekang.


Angel wis…angel…

Comments

No comment yet.

Tulis Komentar