Blog

images (14).jpg

Kajian Uqudullujain-Hak-hak Istri Atas Suami (04)

HAK-HAK ISTRI ATAS SUAMI (04)


Oleh Ust. Zainal Mahfudh


Pada waktu melakukan haji wada’ Nabi Muhammad SAW bersabda :
“Ingatlah… Berilah pesan baik kepada istri, karena sesungguhnya istri itu ibarat tawanan di sisi kalian. Kalian tidak menguasai dari mereka sedikitpun selain kebaikan kecuali bila mereka melakukan perbuatan keji yang nyata. Bila mereka melakukan hal tersebut maka tinggalkanlah mereka di tempat tidurnya dan pukullah mereka dengan pukulan yang tidak menyakitkan atau membuat cacat. Namun bila mereka mentaati kalian, maka janganlah kalian mencari jalan/alasan untuk mendzolimi mereka. Ingatlah… Kalian memiliki hak atas istri-istri kalian. Dan merekapun memiliki hak atas kalian. Hak kalian atas mereka adalah mereka tidak boleh membiarkan ada orang yang kalian benci untuk menginjak hamparan (kasur) kalian dan tidak boleh mengizinkan orang yang kalian benci masuk rumah kalian. Ingatlah… Hak mereka atas kalian adalah kalian memberi yang baik kepada mereka dalam hal pakaian dan makanan mereka.”
[ HR. At-tirmidzi dan Ibnu majah ]

Hadits ini menjelaskan bahwa:


– Seorang suami harus tahu bahwa suami punya kewajiban untuk memberi nasihat atau pesan baik atau masukan ilmu kepada istri karena tidak mampunya istri dan butuhnya istri pada seseorang yang bisa mengurusi semua urusannya.


– Seorang suami harus sadar bahwa istri adalah ibarat tawanan bagi suami yang harus di berlakukan dengan baik suami tidak boleh semena-mena terhadap istri.


– Jika istri nusyuz (tidak taat kepada suami) maka tahapan yang harus dilakukan oleh suami adalah tinggalkan istri di kamar. Maksudnya jangan tidur sekamar dengannya sampai istri menyadari kesalahannya.
Jika tahapan itu masih tidak mempan maka pukullah istri dengan pukulan yang tidak menyakitkan.


– Jika istri sudah taat maka suami tidak boleh mencari-cari cara atau alasan untuk menyakiti/mendzolimi istri.


– Istri jangan mengijinkan seseorang yang tidak disukai oleh suami menginjak kasur suami atau masuk kedalam rumah suami.


– Suami wajib memberikan yang baik-baik kepada istri dalam hal pakaian dan makanan.


*Di eling² lurr…!*

Wallohu a’lam bish showab

SEMOGA MANFAAT

Comments

No comment yet.

Tulis Komentar