Senin Adalah Pembuka Keagungan

default_image_01

Senin Adalah Pembuka Keagungan

Senin Adalah Pembuka Keagungan

Sudah kita ketahui bersama bahwa Baginda Rasulillah ﷺ dilahirkan pada hari Senin, 12 R. Awal Tahun Gajah. Al-Hafidz An-Nawawi menjelaskan

واتفقوا أنه ولد يوم الإثنين فى شهر ربيع الأول

Para Ulama sepakat bahwa Baginda Rasulillah ﷺ dilahirkan pada hari Senin. [Syarah Muslim, juz 15 hal. 100]

Diriwayatkan dari Sayyidina Ibnu Abbas, Beliau berkata :

ولد رسول الله ﷺ عام الفيل (رواه البزار والطبراني فى الكبير ورجاله موثقون)

Baginda Rasulillah ﷺ dilahirkan pada tahun Gajah. (HR. Bazzar dan Thabrani dalam al-Mu’jam al-Kabir dg para perawi yg bisa dipercaya). [al-Haitsamy, Majma’uz Zawaid, juz 1 hal. 463 no. 952]

Sungguh bukanlah suatu kebetulan Baginda ﷺ dilahirkan pada hari senin, sudah barang tentu karena hari senin adalah hari yg sangat istimewa agungnya sehingga dipilih oleh Allah subhanahu Wa ta’ala sebagai hari kelahiran makhluk yg paling dikasihi-Nya, Baginda Rasulillah ﷺ.

Masih ingatkah kita kenapa hari Jum’at menjadi Sayyidul Ayyam ? alasannya karena Nabi Adam dilahirkan dihari Jum’at. Jika karena alasan itu Jum’at menjadi Sayyidul Ayyam, bagaimana agungnya hari senin yg menjadi hari dilahirkannya Sayyidul Anbiya’ Wal Mursalin, Baginda Rasulillah ﷺ ?

Berangkat dari hal inilah Sayyid Muhammad Amin Kutby menorehkan bait-bait syairnya yg berbunyi

يا ليلة الإثنين ماذا صافحت

يمناك من شرف أشم ومن غنى

Wahai Malam Senin, apakah gerangan yang engkau jabat dengan tangan kananmu dari kemuliaan dan kekayaan yg begitu semerbak?.

كل الليالي البيض فى الدنيا لها

نسب إليك فأنت مفتاح السنا

Seluruh malam-malam yg putih berkilauan di jagat raya ini punya hubungan nasab denganmu. Maka engkaulah pembuka keagungan.

فالقدر والأعياد والمعراج من

حسناتك اللاتي بهرن الأعينا

Malam Lailatul Qadar, Malam Hari Raya dan dan Malam Mi’raj adalah buah dari kebaikan-kebaikan-mu yang membuat mata terkagum-kagum memandangnya.

Bahkan tidak berhenti di situ, diriwayatkan dari Hanasy as-Shan’ani bahwa Sayyidina Ibnu Abbas berkata :

ولد رسول الله صلى الله عليه وسلم يوم الاثنين ، واستنبئ يوم الاثنين ، وتوفي يوم الإثنين ، وخرج مهاجرا من مكة إلى المدينة يوم الاثنين ، وقدم المدينة يوم الاثنين ، ورفع الحجر الأسود يوم الاثنين

Rasul ﷺ dilahirkan pada hari senin, diangkat menjadi Nabi pada hari senin, beliau wafat pada hari senin, berhijrah dari mekkah ke madinah pada hari senin, tiba di madinah pada hari senin dan mengangkat Hajar Aswad pada hari senin. [HR. Ahmad no. 2506]

Al-Hafidz Ibnu Katsir menambahkan

وفيه عرج به الى السماء

Pada hari senin Baginda Rasulillah ﷺ melakukan Mi’raj kelangit. [Sirah Nabawiyah, juz 1 hal. 199]

Bait-bait syair Sayyid Muhammad Amin Kutbi diatas dijelaskan oleh Sayyid Muhammad bin Alawi al-Maliki dalam kitabnya, Al-I’lam Bifatawa Aimmatil A’lam Haula Maulidihi Alaihi as-Shalatu Wassalam, hal. 9. cet. DKI.

Semoga Bermanfaat

اللهم صل وسلم على سيدنا محمد وعلى اٰل سيدنا محمد

/ Mutiara Islam / Tags:

Comments

No comment yet.

Tulis Komentar