X

Prihal Surga Dan Penghuninya

Perihal Surga dan Penghuninya


? Oleh : Ali Mustofa Siregar (Mahasiswa Tingkat Dua, Fakultas Syariah wal Qanun, Univ. al Ahgaff)


Surga adalah suatu tempat yang dijanjikan Allah Swt. kepada para hamba-Nya yang beriman dan beramal saleh, sebagaimana firman Allah Swt. :


وَبَشِّرِ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ أَنَّ لَهُمْ جَنَّاتٍ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ


Dan sampaikanlah berita gembira kepada mereka yang beriman dan beramal saleh, bahwa bagi mereka disediakan surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya. (Al Baqarah :25).

Dari hal itu, tidak jarang membuat kita sering bertanya-tanya, \”Bagaimana sebenarnya perihal surga dan penghuninya?\”. Berikut di bawah ini ada ulasan tentang hal tersebut.

Adapun perihal surga sebagai berikut :

1. Surga adalah cahaya yang bersinar. Oleh karena itu, surga tak butuh kepada matahari dan bulan. Matahari dan bulan keduanya berada di neraka, sehingga neraka semakin panas.

2. Dalam surga tidak ada kegelapan, adapun ukuran malam dan siang di surga diketahui dengan tanda yang Allah Swt. buat.

3. Surga diciptakan dengan delapan pintu. Letaknya berada di atas langit yang ketujuh, dengan jarak yang jauh darinya dan mempunyai bumi tersendiri dengan beratapkan \’arsy.

4. Surga memiliki banyak pepehonan hijau yang menyejukkan pandangan yang selalu berbuah dengan buah yang diinginkan. Jika penghuni surga ingin makan buah, maka pohon itu akan menunduk untuk dipetik langsung buahnya, kemudian pohon itu pun akan kembali ketempat semula setelah dipetik. Jikalau pohon surga bergerak, maka akan muncul suara indah yang dapat memikat hati.

5. Bidadari surga sangat cantik dan putih kulitnya, sampai-sampai tulang betisnya terlihat melalui kulitnya yang putih lagi mulus. Jikalau bidadari turun ke bumi, maka timur dan barat akan menjadi bersinar.

6. Surga memiliki cahaya yang sangat terang, sehingga mata penghuni surga akan diberi kekuatan dapat memandang jarak seribu tahun. Andaikata mata penghuni surga seperti kekuatan mata waktu di dunia, maka akan buta sebab terangnya cahaya surga tersebut.

7. Di surga ada pohon yang bernama \”thuubaa\”, dapat menaungi para pengendara dengan jarak tempuh seratus tahun perjalanan. Dari pohon inilah muncul pakaian yang dikenakan penghuni surga.

8. Di dalam surga, ada istana yang terangkat di udara. Ada pula bangunan yang bagian luarnya terlihat dari dalam, pun bagian dalamnya terlihat dari luar.

9. Terakhir, ada sungai yang airnya dari susu, madu dan khomer yang tidak memabukkan lagi sangat enak rasanya.

Adapun perihal penghuni surga itu sebagai berikut :

1. Memiliki ukuran tubuh seperti Nabi Adam as. dengan tinggi 60 dziro\’ ( -+ 28 m ) dan lebar 7 dziro\’ ( -+ 3 m ).

2. Berparas seperti wajah Nabi Yusuf as.

3. Rata-rata berumur 33 tahun. Tidak memiliki jenggot, hanya memiliki rambut dan alis mata saja. Semua muda, tidak ada yang tua.

4. Wajah penghuni surga itu berseri-seri karena mereka tidak pernah merasakan duka cita.

5. Tujuh puluh ribu umat Nabi Muhammad saw wajahnya terang seperti bulan purnama, masuk surga secera serentak tanpa hisab dan siksaan. Mereka itu adalah para kekasih Allah yang saleh. Setelah kelompok ini, ada juga kelompok umat Nabi saw yang wajahnya seperti bintang yang paling terang. Mereka masuk surga tanpa hisab, jumlah mereka 4.970.000 dan masih ada tambahan orang lagi bersama mereka yang hanya Allah saja yang tahu jumlahnya. Umat Nabi Muhammad saw adalah umat paling baik dan paling mulia di sisi Allah Swt.

6. Makanan dan minuman penghuni surga tidak berubah menjadi kotoran, akan tetapi menjadi keringat yang harumnya seperti harum minyak kasturi.

7. Yang saling mengenal di dunia akan saling mengenal pula di dalam surga. Mereka memiliki tanda yang dapat membedakan antara satu sama lain walaupun umurnya sama semua.

8. Tiap penghuni surga mempunyai pelayan yang sangat menawan seperti permata yang belum pernah disentuh. Para pelayan ini bukan dari kalangan manusia, malaikat dan jin, akan tetapi makhluk yang Allah Swt. ciptakan untuk melayani penghuni surga. Paling sedikit, sepuluh ribu bagi tiap satu penghuni surga.

9. Penghuni surga memiliki kasur yang terbuat dari emas, bisa terbang sebagai kendaraan mereka di surga.

10. Lelaki penghuni surga memiliki kekuatan berhubungan badan seperti seratus lelaki umumnya, karena satu lelaki penghuni surga ditemani seratus bidadari yang selalu perawan meskipun berulang kali berhubungan badan. Mereka tidak akan merasakan lemah setelah berhubungan badan dan tidak ada keluar air sperma, karena di surga tidak ada sperma. Walaupun begitu, mereka tetap merasakan kelezatan.

11. Pakaian penghuni surga dari sutera, sisir mereka dari emas, bahasa mereka bahasa arab, mereka berdzikir dan bertasbih, serta membaca Al-Qur\’an. Adapun tentang melaksanakan salat, tidak ada keterangan tentang hal itu.

12. Di dalam surga tidak ada yang jomblo, semua ada pasangan masing-masing.

13. Dari sekian kenikmatan-kenikmatan surga di atas, yang paling luar biasa adalah dapat melihat Allah Swt.

Setelah beberapa perihal tentang surga dan penghuninya kita ketahui, betapa tidak berharganya dunia dibanding surga, sebagaimana yang diungkapkan Nabi Muhammad saw :


ما الدنيا في الآخرة إلا مثل ما يجعل أحدكم إصبعه في اليم فالينظر بم يرجع


\”Dunia ini dibanding akhirat, seumpama tetesan yang jatuh dari jari-jari yang dimasukkan kedalam air laut, itulah dunia dan lautan yang luas itu adalah surga\”. (HR. Muslim)

Mudah-mudahan kita tidak terlena dengan kesenangan dunia yang bersifat fatamorgana, dan fokus menggapai surga abadi yang tidak ada kesusahan dan kesedihan padanya.


? Asy-Syarhul Qowiim Fii Halli Alfaadz Asy-Syirootol Mustaqiim Hal. 396 – 402, karya Syaikh Abdulloh al Harori.

===========

Categories: Mutiara Islam
songkok.id: Admin Songkok.co.id