Blog

Nama-nama syaithon

اعوذ بالله من الشيطان الرجيم
بسم الله الرحمن الرحيم


Nama-nama syaithon


sebentar lagi kita akan melewati Bulan Romadlon yang dimana syaithon dibelenggu didalamnya menuju bulan Sawwal yang berarti peningkatan. Untuk itu,tulisan ini dimuat bukan ganya untuk mengetahui nama syaithon akan tetapi lebih untuk memahami langkah penyesatannya agar kita bisa menghindarinya. Semoga Alloh senantiasa melindungi kita darinya. Amin.

Umar ra. mengatakan bahwa anak cucu setan ada sembilan , yaitu:


Setan Zalitun

Setan ini bertugas menggoda penghuni pasar dalam transaksi jual beli. Dengan menyuruh untuk melakukan kedustaan, penipuan, memuji-muji barang dagangan, mencurangi timbangan/takaran, dan bersumpah palsu.


Setan Watsin.

Setan ini bertugas menggoda manusia yang tertimpa musibah agar tidak bersabar sehingga yang bersangkutan berteriak histeris, menampar-nampar pipi dan sebagainya.


Setan A\’wan

Setan ini bertugas menggoda para penguasa untuk bertindak zhalim


Setan Haffaf

Setan ini bertugas membujuk dan menggoda manusia untuk meneguk minuman keras.


Setan Murrah

Setan ini bertugas menggoda manusia agar asyik bermain seruling atau alat musik berikut nyanyiannya.


Setan Laqus

Setan ini bertugas menggoda manusia untuk menyembah api.


Setan Masuth

Setan ini bertugas menyebarkan berita-berita dusta lewat lisan manusia sehingga tidak bisa diketemukan berita yang sebenarnya.


Setan Dasim

Setan ini bertugas di dalam rumah seseorang yang apabila masuk rumah tidak suka membaca salam dan tidak suka menyebut nama-nama Allah. Dia mendorong adanya permusuhan dalam keluarga sehingga terjadi perceraian suami istri, thalaq,khulu, penganiayaan, dan sebagainya.


Setan Walhan

Setan ini bertugas menggoda dan mengacaukan manusia dalam berwudhu, shalat, dan ibadah-ibadah lainnya.

(sumber: Kitab Nashaihul \’Ibad)


Syaithan adalah musuh sejati Bani Adam, maka hendaklah manusia berhati-hati serta waspada terhadap segala tipu daya yang mereka lancarkan untuk menyesatkan manusia. Di antara jurus dan tipu daya yang mereka lancarkan ialah melalui celah perbuatan dosa dan maksiat dengan berbagai tingkatannya.

Berikut ini adalah beberapa nama setan dan tugas yang diembannya….:

Khanzab adalah setan pengganggu orang salat.Walhan adalah setan yang menggoda orang yang berwudhu dan membisikinya. Dasim adalah setan yang mengganggu keluarga dan rumah. Abyadh, setan paling buruk dan kuat menggoda para nabi.

Mujahid berkata,\”Di antara keturunan setan adalah….:

Laqnis dan Walhan,keduanya menggoda orang yang bersuci dan sholat. Keduanya digelari dengan al-Hafaf dan Murrah. Zalanbur, Setan yang menggoda di pasar yang menghiasi hal yang sia-sia, sumpah, dusta dan memuji barang dagangannya. Bathar setan yang menggoda orang yang tertimpa musibah, membisikinya supaya mencakar wajah, memukul pipi, dan merobek kantong bajunya sendiri. Al-\’Awar adalah setan penggoda orang yang berzina dengan menyebarkannya di kelamin laki-laki dan ketuaan pada perempuan.\” Mathus, setan pemilik berita dusta yang disebarkan melalui mulut-mulut manusia yang tidak ada sumbernya.Dasim, yakni bila seorang memasuki rumah tanpa mengucapkan salam dan tidak mengingat Allah, maka dia dapat melihat harta kekayaan seseorang selama belum di angkat atau diperbaiki tempatnya. Bila seseorang makan dan tidak membaca basmallah, maka dia akan makan bersamanya.

Al \’Amasy berkata,\”Ketika aku masuk ke dalam rumah dan tidak menyebut nama Allah SWT, serta tidak bersalam aku melihat api. Aku berkata,\”Angkatlah, dan aku berbantahan dengannya. Kemudian aku ingat dan berkata,

\”Dasim, Dasim, Aku berlindung kepada Allah SWT darinya.\”

Ubay bin Kaab meriwayatkan dari Nabi SAW. Beliau bersabda,

\”Sesungguhnya wudhu itu ada setannya yang bernama WALHAN. Maka takutlah kalian semua dari sifat was-was pada air.\” Diriwayatkan oleh Tirmidzi.

Muslim meriwayatkan dari Ustman bin Abi Al Ash.

Dia berkata,\”Ya Rosulullah, setan telah menghalangi antara diriku dan salatku dan tanda-tanda yang ia kenakan padaku.\”

Rosulullah bersabda,

\’Itu adalah setan yang di sebut Khanzab. Maka bila engkau merasakannya, berlindunglah kepada Allah darinya, dan meludahlah ke sebelah kirimu tiga kali.\’ Maka aku melakukan itu dan Allah menghilangkannya dariku.\”

Sumber: Hikaya Ash-Shufiyyah, Muhammad Abu Al-Yusr \’Abidin.

/ Mutiara Islam / Tags:

Comments

No comment yet.

Tulis Komentar