X

Kisah Pemimpin Ahli Hadits Yang Meminta Doa Dari Ratusan Pelacur

Sayyid Badruddin Al-Hasani, Pemimpin Ahli Hadist dan Sufi di negeri Syam yang memberi sedekah dan meminta doa kepada ratusan pelacur


Ketika kabar keberadaan rumah pelacuran di pinggiran kota Damaskus tersebar di tengah masyarakat, beberapa tokoh kemudian mengadukan hal itu kepada Sayyid Badruddin bin Yusuf Al-Hasani. Beliau adalah ulama dan wali besar yang dikenal seantero negeri Syam, baik oleh kalangan ulama, awam, pemerintah bahkan para pelacur sekalipun.

Sayyid Badruddin lalu menyuruh murid kesayangannya, Syeikh Yahya yang kala itu sudah berusia 60 tahun untuk memberikan uang dan hadiah kepada para pelacur tersebut. Bukan main kagetnya Syeikh Yahya menerima perintah gurunya ini. Namun karena adab, beliau tetap melakukan tugas itu tanpa sedikit pun bertanya.

Syeikh Yahya lalu mendatangi rumah pelacuran dan membagikan uang serta aneka hadiah kepada mereka sambil berkata, \”Guruku Sayyid Badruddin menyampaikan salam kepada kalian dan meminta kalian untuk mendoakan beliau.\” Salah seorang pelacur berkata, \”Bagaimana mungkin ulama yang alim seperti beliau meminta doa dari kita?\”
·
Setelah kejadian itu, ketika masyarakat hendak melakukan shalat Shubuh, mereka digemparkan oleh kedatangan para pelacur yang berbondong-bondong shalat Shubuh di masjid Sayyid Badruddin. Mereka lalu bertaubat dan berubah menjadi wanita terhormat.

Sayyid Badrudin Al-Hasani yang bergelar Khatamul Huffaz Wal Muhadditsin (penutup para Huffaz dan Muhaddits) merupakan guru-guru ulama negeri Syam saat ini. Beliau menguasai berbagai macam ilmu, khususnya ilmu tafsir dan Hadits. Beliau hafal enam kitab induk Hadits lengkap dengan syarah dan nama-nama perawinya.

Beliau mengajar dengan tingkatan murid berbeda, mulai dari ahli tafsir, ahli Hadits, ahli Fiqih, para Sufi, Mufti, Qadhi (hakim), pejabat pemerintah hingga kalangan awam, semuanya saling menunggu giliran mendengar majelis beliau sesuai tingkatannya masing-masing.


Masih kah ada sifat sombong dan berbangga diri dalam diri engkau setelah engkau membaca kisah ini?


Categories: Kisah dan Hikmah
songkok.id: Admin Songkok.co.id