X

Hukum Besan Menikahi Besan

Hukum Besan Menikahi Besan

Pertanyaan:

apa ada qoul/ ibaroh yg yg ngaramake/ melarang besan menikahi besan? Mergi wonten duda punya anak perempuan lalu dinikahkan dgn anaknya janda yg punya anak laki2, lalu siduda/ ayah menikah dgn si ibu yg janda tadi. Ini ada yg mengatakan haram besan menikahi besan.

? Jawab : Tidak ada dalil yg mengharamkan bahkan yg ada malah Sunnah karena hal ini adalah anjuran Sayyidina Umar Bin Khattab rodiyallahu anhu

Bukankah Baginda Rasulillah bersabda :

?عليكم بسنتي وسنة الخلفاء الراشدين

?إتبعوا اللذين من بعدي أبي بكر وعمر

– Ikutilah Sunnahku dan Sunnah Khulafaur Rasyidin sesudahku.

– Ikutilah dua orang sesudah aku, Abu Bakar dan Umar.

Selain itu didalam Al-Majmu\’ Syarah Muhaddzab dijelaskan :

وان تزوج رجل له إبن بامرأة لها إبنة جاز لابن الزوج أن يتزوج بابنة الزوجة لما روي أن رجلا له إبن تزوج إمرأة لها إبنة ففجر الغلام بالصبية فسئلهما عمر رضي الله عنه فاعترفا فجلدهما وعرض أن يجمع بينهما – فأبى الغلام – لأنه لا نسب بينهما ولا رضاع

Jika seorang laki laki yg punya anak laki laki menikahi seorang wanita yg punya anak perempuan maka boleh anak laki lakinya dinikahkan dg anak perempuan istrinya.

Hal ini karena ada riwayat yg menjelaskan bahwa ada seorang laki laki yg punya anak laki laki menikahi seorang wanita yg punya anak perempuan dan kedua anak ini melakukan zina, maka keduanya ditanya oleh Sayyidina Umar rodiyallahu anhu, sesudah mengaku keduanya dihukum jilid oleh Beliau, setelah itu Beliau menawari keduanya untuk menikah karena antara keduanya tidak hubungan nasab dan rodla\’ sayangnya si anak laki laki menolak tawaran itu.

? An-Nawawi, Al-Majmuk, Syarah Muhaddzab, juz 16 hal. 227

songkok.id: Admin Songkok.co.id